-->
Resep Masakan Praktis Kreatif

follow us

Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah

Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah - Kue kacang tanah manis karamel baik dari gula pasir , gula merah maupun perpaduannya ini kerap disebut juga teng teng dan ting ting maupun jipang kacang. Mirip dengan ampyang yang berbentuk lingkaran dengan kacang tanah utuh , yang juga termasuk aneka jajanan warung favorit bersahabat sekolah dulu.
Resep Enting Enting Kacang
Rasa gurih kacang dan manis karamel mampu menjadi cemilan yang enak dan renyah. Selain kacang , enting-enting , teng-teng atau ting-ting ini juga banyak varian rasa lainnya , mirip jahe , wijen sampai enting gepuk oleh-oleh khas Salatiga.

Resep Membuat Enting Enting Kacang :

Bahan yang digunakan sangat sederhana serta proses membuatnya juga sangat mudah , biarkan adonan yang sudah dicetak dalam loyang supaya benar-benar hambar sehingga mengeras sempurna.

Bahan-bahan :
250 gram kacang tanah , kupas
125 gram gula merah , sisir
50 gram gula pasir
1/2 sdt (1 sachet) vanili bubuk
1/4 sdt garam
5-10 sdm air atau secukupnya

Cara Membuat Enting Enting Kacang :

1. Goreng kacang tanah tanpa minyak dalam wajan (sangrai) sampai harum dan matang. Setelah hambar , tumbuk-tumbuk garang menggunakan ulekan.

2. Siapkan wajan , masukkan gula merah , gula pasir , vanili dan garam , kemudian nyalakan api kecil. Setelah semua meleleh , aduk rata lalu masukkan 5 sdm air dan aduk rata kembali.
Adonan Kue Enting Kacang
3. Masukkan kacang tanah yang sudah ditumbuk , aduk-aduk sampai benar-benar rata (tambahkan 5 sdm air atau secukupnya supaya mudah diaduk dan tidak menggumpal).
Cara Membuat Enting Enting Kacang
4. Tuang dalam loyang yang sudah dialasi plastik , tekan-tekan sambil diratakan dengan spatula kemudian biarkan sampai dingin.

5. Setelah hambar dan adonan sudah kering dan benar-benar mengeras , keluarkan dari loyang dengan menarik kedua ujung plastik. Pindahkan di atas kawasan atau wadah datar serta balikkan sehingga posisi plastik menjadi di bagian atas , lalu lepaskan plastiknya.

6. Potong-potong menggunakan pisau sesuai dengan bentuk yang diinginkan , enting-enting kacang sudah siap untuk disajikan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar