-->
Resep Masakan Praktis Kreatif

follow us

CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PALEMBANG

Resep Engkak Ketan Palembang Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Idulfitri Asli Enak. Kue lapis ketan atau sering juga disebut kudapan manis bolu palembang ini rasanya lezat sekali dan manis spesial , biasanya dihidangkan untuk hari raya lebaran di kampung sekitar dusun lintang empat lawang (L4L) Babatan meluas hingga ke kota Lampung , Bengkulu , khas Jambi dan tempat nusantara lainnya seiring makin populernya kudapan manis lapis legit ini yang sudah pasti setiap tempat memiliki khas masing-masing. Cara memasaknya ada yang dengan cara dipanggang oven dan juga ada yang kukus dengan cara dikukus. Kumpulan Kue engkak medok ini masih termasuk kudapan manis berair tradisional palembang Indonesia kudapan manis jajanan pasar yang perlu dilestarikan keberadaannya. Untuk resep hemat telur dan materi ekonomis Anda mampu membuat kudapan manis engkak ketan mini ukuran kecil dengan loyang ukuran kecil. Anda mampu membuat varian engkak ketan modern misalnya dengan membuat engkak ketan lapis coklat atau keju , dll.

Foto Engkak Ketan Palembang dan Lampung
Gambar Kue Engkak Ketan

Kue lapis palembang atau kudapan manis engkak ketan ialah kudapan manis lapis yang memiliki tekstur lembut , empuk dan kenyal dengan wangi santan dan kelapa sangrai sangat khas sekali berbeda dengan kudapan manis atau cake lapis dari tempat lain dan rasanya manis dan legit ciri khas kudapan manis bolu Palembang , tepung ketan yang digunakan mampu tepung ketan hitam dan tepung ketan putih dan sering juga dijumpai aneka kreasi rasa sajian sedap maupun bentuk cetakan yang berhasil dikembangkan , menyerupai rasa coklat , lapis keju , dan lapis durian. Membuat kudapan manis ini sederhana tapi repot. Berapa lama memanggang kudapan manis engkak?. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi engkak ketan hitam dan ketan putih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan aneka kudapan manis engkak khas Palembang dan khas Lampung special ekonomis harga murah meriah.





RESEP KUE ENGKAK KETAN


BAHAN :
  • 7 butir telur bebek
  • 8 butir telur ayam
  • 1 ltr santan
  • 500 gram tepung ketan , mampu pakai tepung ketan putih dan tepung ketan hitam
  • 500 gram gula pasir
  • 1 kg susu kental manis
  • 100 gram mentega cair
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue 8 Jam

CARA MEMBUAT ENGKAK KETAN PANGGANG SPESIAL :
  1. Siapkan loyang persegi 24 cm , alasi kertas roti dan olesi sedikit mentega. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan lembut , masukkan susu kental manis , santan dan tepung ketan , aduk rata. Tambahkan mentega cair , aduk rata.
  3. Tuang 200 ml adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan , panggang selama 5 menit atau hingga permukaan kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Setelah adonan habis , panggang kudapan manis selama 35 menit atau hingga semuanya matang. Angkat dan dinginkan. Potong-potong.
  5. Sajikan untuk 20 Potong.
TIPS & TRICKS :
  • Mengurangi aroma busuk telur angsa dapat dicampur dengan telur ayam , dengan takaran 7 butir telur angsa ditambah 8 butir telur ayam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar