-->
Resep Masakan Praktis Kreatif

follow us

CARA MEMBUAT KUE DORAYAKI DORAEMON

Resep Kue Dorayaki Sederhana Khas Jepang Spesial Asli Enak. Kue kesukaan Doraemon ini ialah kudapan manis lembap tradisional asli jepang yang sedang populer di Indonesia dengan sebutan kudapan manis Dorayaki Doraemon , banyak yang ingin membuatnya sebagai perjuangan urusan ekonomi makanan di Indonesia. Tekstur kudapan manis japan favorit Doraemon ini lembut dan empuk serta rasanya yang manis dan enak ibarat dengan martabak manis asal Indonesia.

Foto Kue Dorayaki Asli Enak Khas Jepang
Gambar Kue Dorayaki Doraemon

Menurut situs wikipedia Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き?) ialah kudapan manis yang berasal dari Jepang (Japanese Food). Dorayaki termasuk ke dalam golongan kudapan manis tradisional Jepang asli (wagashi). Kue unik ini berbentuk lingkaran sedikit tembem , dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut serta empuk dan ibarat castella sebab adonan dasar diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki , namun berbeda bentuk dan cara memanggangnya.

ASAL USUL KUE DORAYAKI

Asal mulanya , kudapan manis Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kudapan manis lingkaran dengan pinggiran yang dilipat sedikit sampai berbentuk segi empat. Di adegan tengah kudapan manis diberi selai kacang azuki dari kacang merah asal jepang asli. Lihat foto gambar di bawah ini.

Kacang Merah Azuki Jepang
Gambar Kacang Merah Azuki Jepang

Pada tahun 1914 , perusahaan kudapan manis Usagiya memperkenalkan dorayaki yang dibuat dari adonan castella dan terdiri dari dua lembar panekuk. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan berbentuk lingkaran kemudian menjadi populer di seluruh Jepang. Di kawasan Kansai (Osaka atau Nara) , kudapan manis ini juga dikenal dengan nama mikasa(三笠).

Kue ini diberi nama dorayaki sebab bentuknya yang ibarat gong (bahasa Jepang: dora). Menurut dongeng lain , samurai berjulukan Saito Musashibo Benkei ialah pencipta kudapan manis ini. Benkei menderita luka-luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh , Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu di atas gong. Hasilnya berupa kudapan manis lingkaran berisi selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terima kasih.

Di Indonesia , kudapan manis ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon film animasi di televisi swasta Indonesia sebut saja RCTI. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kudapan manis dorayaki. Dorayaki di Indonesia sudah diadaptasi dengan selera pengecap lokal , antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju. Jika tertarik membuatnya berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi dorayaki ala Doraemon lengkap cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal hemat materi yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan urusan ekonomi aneka kudapan manis Jepang untuk franchise waralaba yang ekonomis harga murah meriah.





RESEP DORAYAKI


BAHAN :
  • 130 gram tepung terigu
  • 2 btr telur
  • 80 gram gula pasir
  • Mentega
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdm baking soda
  • 50 ml air
BAHAN ISI :
  • 100 gram kacang merah
  • 3 sdm gula pasir
  • 50 ml susu cair
* Bagian isi mampu digantikan sesuai selera , misal coklat mesis , keju dan selai.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Martabak Manis

BAHAN OLESAN :
  • Bisa di oles selai coklat siap pakai (optional)
CARA MEMBUAT KUE DORAYAKI ENAK :
  1. Campur materi – materi telur ,gula pasir ,dan madu. Kemudian tambahkan baking soda yang sudah dilarutkan di dalam air 50 ml. Aduk sampai merata.
  2. Kemudian tambahkan tepung terigu ke dalam adonan menggunakan ayakan. Aduk rata. Setelah itu , diamkan adonan tersebut kurang lebih 30 menit. Untuk hasil lebih baik , anda mampu menutup adonan tersebut dengan plastic (wrapping).
  3. Panaskan cetakan dorayaki. Atau jikalau tidak puya , anda dapat menggunakan wajan anti lengket (teflon) berukuran kecil , kurang lebih diameter 8 cm Oles wajan dengan margarin
  4. Tuang 1 sendok sayur adonan tadi di atas wajan anti lengket. Biarkan sampai permukaannya berlubang lubang , gres kemudian dibalik. Masak sampai kecoklatan dan matang , lakukan sampai adonan habis.
  5. Cara Membuat Isi Dorayaki : rebus kacang merah sampai lunak , angkat , tiriskan , haluskan. Kemudian campur susu cair dan gula pasir menggunakan mixer selama kurang lebih 2-3 menit , lalu tambahkan kacang merah yang sudah dihaluskan tadi ke adonan susu dan gula. Aduk sampai rata (berbentuk krim).
  6. Ambil dua kulit dorayaki yang sudah masak , kemudian oleskan salah satu kulit tadi dengan adonan kacang merah tadi dan tutup dengan kulit yang lainnya (seperti burger).
  7. Sajikan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar