-->
Resep Masakan Praktis Kreatif

follow us

Resep Sawut Singkong Jajanan Pasar

Resep Sawut Singkong Jajanan Pasar


Resep Sawut Singkong Jajanan Pasar - Negara kita tercinta INDONESIA ternyata serba "Kaya" ya bund , nggak ada negara manapun yang mampu nyamain negeri Nusantara tercinta ini. Mulai dari sumber daya alamnya kita kaya , jumlah kepulauannya kita kaya , Jumlah propinsinya juga kaya , budayanya pun kita kaya , apalagi jenis kulinernya.. Wuuuiihhh Kaya banget!

Resep Sawut Singkong Jajanan Pasar
Sawut Singkong | Jajanan Pasar Tradisional [foto IG: @hanhanny]

Nusantara nan mengagumkan ini punya seabrek jenis masakan khasnya yang berbeda-beda (Istilahnya ke-BHINEKAAN dalam kuliner) , kalo dibahas satu-persatu masakan khas Indonesia pasti banyak banget , bayangin deh dari Sabang hingga Meuroke ada berapa banyak masakan khasnya? Duhh!. 

Contohnya saja kalau di tempat Jawa Tengah dan Jogja ada masakan khas namanya Sawut Singkong , Jajanan pasar ini merupakan masakan Tradisional yang ketika ini mulai tersingkirkan oleh makanan-makanan modern. Bicara soal Sawut Singkong , yuk kita buat dan lestarikan jajanan pasar tradisional ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap warisan masakan leluhur kita. Seperti ini resepnya..

Bahan-bahan Sawut Singkong:

  • 500 gr singkong , cuci bersih serut kasar
  • 150 gr gula merah/jawa , haluskan
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • kelapa parut secukupnya

Cara membuat Sawut Singkong:

  1. Singkong serut dicampur dengan garam , aduk rata.
  2. Siapkan panci pengukus. Susun singkong , tabur gula merah dan pandan di atas singkong. Kukus hingga matang , atau kurang lebih selam 15 menit.
  3. Kukus juga kelapa parut kurang lebih 10 menit.
  4. Siap deh , sajikan sawut singkong yang manis dan hangat dengan taburan parutan kelapa. 

Nah , dengan cara inilah kita mampu ikut andil dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia biar tidak tergerus oleh arus kemajuan jaman , dan sebagai wujud cinta kita terhadap masakan Nusantara.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar