-->
Resep Masakan Praktis Kreatif

follow us

CARA MEMBUAT KUE PUKIS ENAK DAN LEMBUT

Resep Kue Pukis Mini Sederhana Lembut dan Empuk Aneka Rasa Spesial Asli Enak. Kue pukis paling istimewa ialah kudapan manis pukis khas Banyumas , kudapan manis pukis kentang lembut dan empuk , dan kudapan manis pukis pandan yang harum dan amis berwarna hijau , sedangkan untuk topping taburan paling banyak menggunakan coklat meses , keju parut , dll. Kue pukis masih termasuk kudapan manis berair tradisional asli Indonesia. Jenis kudapan manis ini menggunakan cetakan dalam membuatnya sama halnya dengan kudapan manis cubit , kudapan manis bandros , kudapan manis balok , kudapan manis gunjing , kudapan manis ape , kudapan manis pancong dan masih banyak lagi kudapan manis yang menggunakan cetakan khusus dan disajikan secara instan menggunakan adonan dasar yang istimewa. Biasanya kudapan manis ini juga paling sering dimakan panas atau hangat untuk sarapan pagi bersama minum kopi atau teh panas.

Foto Kue Pukis Tradisional Khas Banyumas
Gambar Kue Pukis

Kue Pukis ialah kudapan manis khas Indonesia. Kue tradisional ini dibuat dari adonan dasar telur , gula pasir , tepung terigu , ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api (bukan oven). Pukis dapat dikatakan sebetulnya ialah modifikasi dari kudapan manis wafel. Variasinya bermacam-macam , diberi taburan coklat butir meses , keju , selai nanas , sukade (manisan buah , biasanya dari pepaya dan dipotong kecil kecil serta berwarna warni pelangi (rainbow)) atau kacang , akan memungkinkan kudapan manis ini dapat dimodifikasi menjadi kudapan manis spesial menyerupai kudapan manis cubit green tea atau red velvet yang menggunakan bubuk teh hijau yang sedang terkenal di Bandung atau kudapan manis pukis bundar aneka rasa dan topping oreo.

Kue pukis memiliki bentuk sederhana dan warna yang khas. Bagian atasnya berwarna kuning dan bab bawahnya kecoklatan. Pukis mudah dijumpai di toko-toko kudapan manis maupun penjual kaki lima yang dijual oleh Abang-abang di Indonesia. Dan alasannya mudah dijumpai kudapan manis ini jarang disajikan pada pesta-pesta , arisan , dan program keluarga. Untuk memasaknya mudah dan praktis yang agak sulit ialah membuat adonannya kata Abang2. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi pukis mini manis lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan aneka kudapan manis pukis ala Abang-abang gerobak.





RESEP KUE PUKIS


BAHAN :
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 4 butir telur
  • 250 gram gula pasir
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 3 sdm margarin , untuk olesan
  • 3 sdm meises
  • 50 gram keju , diparut
CARA MEMBUAT KUE PUKIS :
  1. Ayak tepung terigu , lalu campur dengan ragi instan , aduk rata.
  2. Kocok telur dan gula sampai kental dan mengembang.
  3. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit.
  4. Tambahkan santan , aduk sampai rata.
  5. Diamkan adonan selama 30 menit.
  6. Panaskan cetakan kudapan manis pukis , olesi dengan margarin.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kudapan manis pukis sampai tiga perempatnya.
  8. Setelah bab tepi membeku , taburkan meses atau keju. Biarkan sampai matang.
  9. Angkat dan
  10. Sajikan dalam keadaan hangat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar